Kisah Sukses Dari Ilham Nirwan Dalam Bisnis Sepatunya

Tuesday, August 8th 2017.

Kisah Sukses Dari Ilham Nirwan Dalam Bisnis Sepatunya

Kisah Sukses Bisnis Sepatu

Kisah Sukses Bisnis Sepatu – Meski hanya terletak di bagian paling bawah, sepatu tidak hanya menjadi pelindung atau alas kaki semata, tetapi telah berubah fungsi sebagai salah satu fashion yang menunjang penampilan.

Sebagai produk fashion, sepatu yang menonjolkan desain stylish dan ekslusif yang dibuat secara handmade menjadi salah satu pilihan yang mendapat tempat tersendiri di hati para pecinta sepatu.

Kondisi tersebut menginspirasi M. Ilham Nirwan memproduksi sepatu handmade pada 2010 lalu. Sebetulnya, keputusan pria kelahiran 27 Desember 1974 ini terjun dalam dunia bisnis berawal dari kegagalannya mendapatkan pekerjaan sebagai desainer mobil, setelah menamatkan pendidikan S2 Digital Media di Jerman selama 10 tahun.

“Saya sempat melamar sebagai desainer mobil tapi tidak diterima karena faktor umur sudah 38 tahun ketika lulus kuliah,” ucapnya ketika berbincang dengan Bisnis, beberapa waktu lalu.

Akhirnya, Ilham berpikir untuk berpindah haluan dari pencari kerja menjadi seorang entrepreneur. Memiliki latar belakang pendidikan di bidang desain produk ITB serta kegemaran terhadap berbagai jenis sepatu, memantapkan keputusannya berkecimpung dalam bisnis sepatu.

Bermodal Rp250 juta, pria berdarah Minang ini memulai debutnya dengan memproduksi sekitar 820 pasang sepatu dengan proses pembuatan di Bandung dan Tanggerang.

Tidak tanggung-tanggung, sepatu/sneakers jenis casual yang diproduksinya langsung diekspor ke Jerman. “Kebetulan istri saya orang Jerman dan masih kuliah di sana sehingga kami sengaja mengekspor ke Jerman,” terang dia.

Selain itu, dia juga melihat bahwa masyarakat Eropa mulai menyukai produk sepatu handmade yang menampilkan desain ekslusif di tengah gempuran sepatu-sepatu branded pabrikan lainnya.

Untuk membedakan dari brand sepatu lainnya, Ilham menunjukan ciri khas Indonesia dengan nuansa etnik, dia pun segera mematenkan merek dan desain produknya, dengan mendaftarkan merek dagang di Hamburg, Jerman.

Ada dua brand yang digunakan, yakni Marapulai dan Rangkayo, keduanya berasal dari bahasa Minang. Marapulai artinya ‘Mempelai Pria’, sementara Rangkayo berarti ‘Orang Kaya’.

Marapulai memiliki ciri khas yang lebih ekslusif dengan menampilkan nuansa etnik Indonesia terutama penggambaran desain peta Indonesia pada setiap tapak sepatu. Tidak hanya menunjukan asal produksi tersebut, peta Indonesia sengaja dirancang agar sepatu tidak slip. Bahan yang digunakan pun lebih nyaman karena berupa kulit asli.

Adapun, sepatu dengan merek Rangkayo dibuat lebih stylish dengan desain yang lebih simple dan tetap menunjukan nuansa khas Indonesia, bahan yang digunakan tidak selalu kulit asli tetapi tetap nyaman digunakan. Berbeda dengan Marapulai yang tapaknya bergambar peta Indonesia, desain tapak Rangkayo bergambar detail motif budaya Indonesia, seperti batik.

Kisah Sukses Dari Ilham Nirwan Dalam Bisnis Sepatunya

Kisaran harga yang dibanderol untuk sepatu brand Marapulai sekitar Rp800.000 hingga Rp1,5 juta, adapun sepatu brand Rangkayo dibanderol seharga Rp190.000 hingga Rp450.000.

Ilham memproduksi sepatu-sepatunya secara handmade, seluruh proses produksi dikerjakan dengan tangan sehingga menghasilkan produk yang lebih mendetail, kuat, dan nyaman. Desain yang dihasilkan pun lebih ekslusif karena tidak diproduksi secara massal. – Kisah Sukses Bisnis Sepatu

“Dari kacamata bisnis, industri kreatif yang diproduksi secara handmade memiliki masa depan besar karena mempunyai nilai tambah yang lebih ekslusif serta tingkat kenyamanan yang lebih terjaga,” ucapnya.

Menurutnya, kualitas menjadi hal paling penting yang harus dijaga pada setiap produk sepatu yang diekspor. Untuk itu, sebelum dikirim, Ilham harus melakukan quality control. Agar lebih memudahkan dan meningkatkan kualitas produk sepatunya, dia pun membuka workshop sendiri di kawasan Ciledug.

Hasil produksinya kini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Jerman, tetapi telah merambah ke Brazil, Timur Tengah, dan Afrika. “Kami menjual secara online, sehingga pemesanan sudah ada ke berbagai negara.”

Ilham mengatakan sebagai produk handmade yang menekankan desain serta kenyamanan, keuntungan yang bisa didapatkan terbilang cukup tinggi. “Sebetulnya tergantung bahan, tapi biasanya bisa di atas 70% karena yang dijual desain dan ekslusifitas,” ucap dia.

Sayangnya, sumber daya manusia menjadi kendala utama yang dihadapi para produsen sepatu handmade sehingga kapasitas produksi yang mampu dibuatnya saat ini dalam sebulan hanya sekitar 260 pasang. 200 diantaranya merupakan sepatu brand Rangkayo, sementara Marapulai sekitar 60 pasang.

Prospek di bidang sepatu handmade ini pun telah menarik minat pasangan suami istri Lulu Sayyidatu dan Peni Ahlani untuk memproduksi sekaligus mendesain sepatu etnik dengan brand Mimosabi pada 2008 bermodal Rp50 juta.

Keputusannya terjun ke bisnis sepatu berangkat dari kecintaannya pada berbagai jenis sepatu. Apalagi sang suami pernah mengenyam pendidikan di jurusan Desain Produk ITB sehingga mampu mengkreasikan desain yang stylish dan menarik.

Selama ini, dia melihat hampir seluruh produk sepatu wanita yang ada di pasaran memiliki jenis dan model yang sama. “Lalu saya berpikir untuk memproduksi sepatu dengan ciri khas tersendiri berbahan kanvas dengan aplikasi kain perca sehingga menghasilkan sepatu yang lebih colourfull,” ucapnya.

Tak dinyana penjualan yang dimulai secara online tersebut mendapat sambutan positif dari pasar, terutama dari para pelanggan dari Surabaya, Jakarta, dan Bandung. “Tanggapan positif karena kami menyuguhkan sesuatu yang baru yang bisa menjadi pilihan alternatif sepatu, berbeda dari produk pasaran,” ucapnya.

Permintaan pun semakin lama semakin bertambah sehingga 2 tahun usaha berjalan, Lulu mulai membangun workshop sendiri. Penjualannya pun dibuat dengan sistem distributor yang tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, brand Mimosabi rupanya juga diminati oleh masyarakat luar negeri seperti di Singapura, Malaysia, dan Brunai Darussalam. “Penjualan paling bagus saat ini masih di kota-kota besar seperti Surabaya, Sukabumi, dan Denpasar. Kami juga telah memiliki distributor di 3 negara Singapura, Malaysia, dan Brunai.”

Sebagai produk handmade yang menekankan keunikan desain, Mimosabi terus mengeluarkan desain-desain baru setiap 6 bulan sekali. Saat ini dia sudah memiliki 100 hingga 150 desain per katalog.

“Setiap 6 bulan sekali mengeluarkan desain baru, kami juga melakukan review untuk desain yang menjadi best seller akan dipertahankan, sementara yang kurang diminati akan diganti dengan desain baru,” ucapnya.

Saat ini kapasitas produksi mencapai 100 pasang perhari sehingga bisa menghasilkan sekitar 3000 pasang sepatu perbulan. Harga yang dibanderol mulai dari Rp100.000 hingga Rp250.000. “Menjual sepatu pasti ada naik turunnya sehingga omzet pun tidak menentu kira-kira perbulan berkisar antara Rp100 juta hingga Rp250 juta dengan keuntungan bersih hingga 30%,” ujarnya.

Ibu dari 2 orang anak ini masih yakin prospek penjualan usaha sepatu handmade masih akan tetap berprospek ke depannya sebab masih belum banyak kompetitor. “Asalkan kita memiliki desain yang khas serta menjaga kualitas, maka akan bisa bersaing dengan produk pasaran lainnya.”

Senada disampaikan Giwantari, yang menjalankan bisnis sepatu boots handmadedengan merek Shoeka Shoes di Jawa Timur. Bisnis ini juga berangkat dari kegemarannya menggunakan sepatu dengan model boots.

Dia melihat bisnis sepatu ini memiliki prospek yang masih terbuka lebar mengingat semakin banyak penggemar sepatu boots.

“Kebetulan di Jawa Timur belum banyak orang yang membuat, kalau pun ada kualitasnya kurang bagus. Akhirnya kami mencoba memproduksi sepatu boots handmade menggunakan bahan kulit asli sehingga lebih nyaman digunakan, pangsa pasarnya anak muda usia 20-an.”

Saat ini Giwatri yang berbisnis dengan rekannya David, mampu memproduksi sebanyak 160 hingga 200 pasang sepatu boots. Dengan desain ekslusif berbahan kulit asli, dia membanderol produknya dengan harga bersaing masih di bawah Rp500.000 per pasang. Keuntungan bersih yang dikantonginya sekitar 30% hingga 50%.

sumber : http://industri.bisnis.com/read/20130827/87/159170/kisah-sukses-ilham-nirwan-dalam-bisnis-sepatu

Semoga terinspirasi dan menjadi orang sukses guys – Kisah Sukses Bisnis Sepatu

Beritahu Temanmu...Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on StumbleUponShare on LinkedIn

Produk terbaru

Rp 160.000 279.000
Order Sekarang » SMS : 089610105290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeCONV LOW PNK RAINBOW
Nama BarangSepatu Converse ALL STAR Low Pink Rainbow
HargaRp 160.000 279.000
Anda HematRp 119.000 (42.65%)
Lihat Detail
Rp 160.000 279.000
Order Sekarang » SMS : 089610105290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeCONV BLACK HI CT2
Nama BarangSepatu Converse ALL STAR Chuck Taylor 2 Black High
HargaRp 160.000 279.000
Anda HematRp 119.000 (42.65%)
Lihat Detail
Rp 95.000 145.000
Order Sekarang » SMS : 089610105290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeNIKE SLOP NAVY LINING PINK
Nama BarangSepatu Nike Slop Navy Lining Pink
HargaRp 95.000 145.000
Anda HematRp 50.000 (34.48%)
Lihat Detail
Rp 180.000 299.000
Order Sekarang » SMS : 089610105290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeCONV LOW GREY/NAVY DOUBLE UPPER
Nama BarangSepatu Converse ALL STAR Low Grey Navy Double Upper
HargaRp 180.000 299.000
Anda HematRp 119.000 (39.80%)
Lihat Detail
Rp 140.000 239.000
Order Sekarang » SMS : 089610105290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeCONV VIOLET FSL
Nama BarangSepatu Converse ALL STAR Ladies Violet FSL Flexy
HargaRp 140.000 239.000
Anda HematRp 99.000 (41.42%)
Lihat Detail
Rp 140.000 259.000
Order Sekarang » SMS : 089610105290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeCONV BLACK DENIM FSL
Nama BarangSepatu Converse ALL STAR Ladies Flexy Black Denim FSL
HargaRp 140.000 259.000
Anda HematRp 119.000 (45.95%)
Lihat Detail
Rp 135.000 225.000
Order Sekarang » SMS : 089610105290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeCONV CHILI RED KIDS
Nama BarangSepatu Converse ALL STAR Kids Chili Red
HargaRp 135.000 225.000
Anda HematRp 90.000 (40.00%)
Lihat Detail
Rp 85.000 145.000
Order Sekarang » SMS : 089610105290
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeCONV BALERINA SLOP GREY
Nama BarangSepatu Converse Balerina Slop Grey
HargaRp 85.000 145.000
Anda HematRp 60.000 (41.38%)
Lihat Detail

Temukan Kami di

Rekening Bank

Salman Aghniea 7510413***
Salman Aghniea 1560004085***
Salman Aghniea 0328274***
Salman Aghniea 116901005536***

Pengiriman

Hubungi Kami

089610105290
089610105290
535C336E
089610105290